01:32
2
Legenda Lutung Kasarung
Cerita rakyat Dari Jawa Barat

Legenda Lutung Kasarung  menceritakan tentang sebuah Kerajaan dimana ada dua orang putri Yang saling berebut Kekuasaan untuk Menjadi Seorang ratu. Putri Pertama Bernama Purbararang yang licik Dan Jahat Dan putri Yang kedua bernama Purbasari yang Baik hati. Purbararang Selalu Ingin menjatuhkan Purbasari, dan Suatu ketika dengan bantuan Lutung Kasarung akhirnya Purbasarilah Yang Menjadi ratu.

Berikut alur ceritanya. . . . . . . .

Pada jaman dahulu terdapat sebuah Kerajaan yang di pimpin oleh seorang Raja bernama Prabu Tapa Agung.
Prabu Tapa Agung adalah raja tua. Dia memiliki dua anak perempuan, Purbararang dan Purbasari. Prabu Tapa Agung berencana untuk pensiun sebagai raja. Dia ingin Purbasari untuk menggantikannya sebagai pemimpin kerajaan. Mendengar ini, Purbararang marah. 


"Engkau tidak Bisa menjadikannya seorang ratu  Ayah, aku lebih tua darinya. Seharusnya aku yang menjadi Ratu, Bukan dia! "kata Purbararang. TAPI raja tetap memilih Purbasari Menjadi ratu Selanjutnya. 

Purbararang Lalu mengatur Rencana Jahat dengan tunangannya, Indrajaya. Bersama-sama mereka pergi ke seorang Dukun dan memintanya memantrai Purbasari. Kemudian, kulit Purbasari Menjadi hitam. Ada Banyak bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya. 


"Kau tak secantik aku. Kau tak bisa menjadi Seorang ratu. Sebagai gantinya, Kau Harus Pergi Dari istana ini dan Tinggal di hutan, "kata Purbararang. 


Purbasari sangat sedih. Sekarang dia harus tinggal di hutan. Sehari-hari dia habiskan waktunya bermain dengan beberapa binatang di sana. Ada satu monyet yang selalu berusaha menghiburnya. Itu bukan hanya monyet biasa, ia memiliki kekuatan magis. Dan ia juga bisa berbicara dengan manusia. Nama monyet itu adalah Lutung Kasarung. Dia adalah dewa.Namanya Sanghyang Gurumina. Lutung Kasarung direncanakan untuk membantu Purbasari. Dia membuat sebuah danau kecil dan memintanya untuk mandi di sana.Hebatnya, kulit buruk nya sembuh. Sekarang dia punya kulit indah kembali. 

Setelah itu, dia meminta Lutung Kasarung untuk menemaninya kembali ke istana. Purbararang sangat terkejut. Lalu dia  menggunakan rencana jahat yang lain. Dia kemudian berkata, "Mereka yang memiliki rambut panjang akan menjadi ratu itu." 

Raja kemudian mengukur rambut putrinya. Ternyata Purbasari memiliki rambut yang lebih panjang. Tapi Purbararang tidak menyerah. "Seorang ratu harus memiliki suami yang tampan. Jika tunangan saya lebih tampan dari tunanganmu, maka saya akan menjadi ratu," kata Purbararang. 

Purbasari sedih. Dia tahu tunangan Purbararang, Indrajaya, tampan. Dan ia tidak memiliki tunangan sama sekali. " ini adalah tunangan saya, Indrajaya. Mana tunanganmu?" tanya Purbararang. Lutung Kasarung maju. Purbararang tertawa sangat keras. "Tunangan Anda adalah monyet, ha ha ha." 

Tiba-tiba, Lutung Kasarung berubah menjadi sangat tampan. Dia bahkan lebih tampan dari Indrajaya. Purbasari kemudian menjadi ratu. Dia mengampuni Purbararang dan tunangannya dan membiarkan mereka tinggal di istana. 

Demikian Akhir Dari legenda Lutung Kasarung 

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete